Kemal si Blogger Iseng

show them all you're not the ordinary type

Top 10 Gym Leader

Aku sudah banyak membuat daftar top 10 Pokemon, kali ini mari kita bicarakan dari segi trainernya. Setiap game Pokemon, kita pasti harus menghadapi para gym leader sebelum bisa menantang elite four, dan beberapa dari mereka sangat keren, bahkan lebih keren dari elite four itu sendiri. Tentu saja ini pendapatku sendiri dan bisa saja berbeda dari kalian. Dari kira-kira 50 gym leader, aku memilih 10 di antaranya. Dan inilah listnya :

10. Skyla

Skyla adalah gym leader tipe Flying di Mistralton City. Harus kuakui kalau sebagian besar alasan aku memasukannya ke top 10 ini adalah karena design gym-nya yang keren. Bayangkan, kita harus pergi dari satu tempat ke tempat lain dengan cara ditembakkan oleh meriam! Keren banget gak tuh? Dan Skyla pun sepertinya bangga dengan transportasi meriam itu.

Alasan lain adalah dia memakai tipe Flying. Aku secara pribadi tak suka dengan tipe Flying karena kebanyakan Pokemonnya standar. Gym leader tipe Flying selain Skyla pun tidak bisa dibilang kuat. Skyla sendiri memakai Swoobat, Unfezant dan Swanna. Yah, memang gak terlalu bagus, tapi paling tidak itu cukup bervariasi. Selain itu dia memberikan TM Acrobatics yang cukup berguna. Oh ya, dia juga mengatakan salah satu kalimat keren : "When I think about a match with a fabulous trainer like you, I'm like walking on air!" Dia menyebut kita 'fabulous'! Itu sudah cukup alasan untuk memasukkannya ke top 10.

9. Norman

Norman adalah pengguna Pokemon tipe normal yang memimpin gym di Petalburg City. Dan dia juga ayah kita. Yup, dia ayah kita!!! Satu-satunya ayah kita yang terlihat dalam game. Aku gak ngerti kenapa Gamefreak memutuskan membuat Pokemon game dengan karakter utama selalu yatim, tapi hanya di Pokemon gen 3 kita mendapatkan ayah. Dan dia ayah yang keren.

Pokemon andalan Norman adalah salah satu Pokemon tipe normal favoritku, Slaking. Gym-nya juga lumayan unik karena kita bisa memilih kamar untuk menghadapi trainer dengan tipe tertentu sebelum kita bisa menghadapi leader-nya. Aku juga suka dengan karakter Norman di game. Dia mengatakan walaupun dia merasa kesal karena kalah sebagai gym leader, tapi dia juga bangga sebagai ayah melihat anaknya sudah berkembang melebihinya. Aaahhhh~~~

8. Volkner

Mungkin dia adalah gym leader paling cool. Volkner adalah gym leader terakhir di Pokemon Diamon, Peral dan Platinum. Dia menggunakan tipe electric dan menggunakan banyak Pokemon keren. Contohnya, Luxray, yang mana adalah Pokemon electric favoritku, Raichu sampai Electrivire. Di game, Volkner mengeluh tentang tidak adanya penantang yang kuat dan mau menantang elite four sebelum kita datang.

Dia berteman baik dengan Flint tapi mempunyai sifat yang berkebalikan. Jika Flint semangat dan berapi-api, Volkner kalem dan penuh perhitungan. Itu juga yang membuatnya dianggap gym leader terkuat di Sinnoh. Designya yang mirip Minato Namikaze dari Naruto makin membuatku suka dengan Volkner.

7. Korrina

Banyak yang bilang kalau gym leader di gen 6 tidak terlalu menantang, dan aku setuju saja. Tapi aku cukup menyukai Korrina yang menjadi gym leader di Shalour City. Korrina memakai tipe fighting dan dialah yang memperlihatkan pada kita pertama kali soal Mega Evolution. Tidak hanya sampai situ, dia juga memberikan kita Lucario + mega stone. Baik banget kan?

Sebagai gym leader, Korrina sebenarnya lumayan. Kombinasi Hawlucha dan Lucario cukup membuat repot jika kita tidak siap. Setelah itu, kita harus bertarung dengannya sekali lagi di Tower of Mastery, kali ini Korrina menyandang gelar successor menandakan dialah pengguna mega evolution yang sebenarnya. Setelah kalah (oleh Lucarionya sendiri), dia masih berbesar hati dengan mengatakan kalau ikatan kita dengan Lucario sudah erat sehingga menyerahkannya begitu saja. Karena itu dia adalah satu-satunya gym leader dari Kalos yang masuk ke list ini.

6. Giovanni

Yang kusuka dari Giovanni adalah betapa tidak tertebaknya dia. Ketika aku pertama kali main Pokemon Red, mengetahui kalau Giovanni adalah gym leader terakhir membuatku cukup shock. Siapa sangka pemimpin organisasi terkenal Team Rocket adalah gym leader juga. Belum lagi, dia memiliki anak bernama Silver, yang menjadi rival kita di gen 2.

Aku masih merasa Giovanni adalah pemimpin organisasi jahat yang paling berkharisma di game Pokemon. Dia tidak merencanakan sesuatu yang aneh-aneh seperti membuat semua bumi menjadi lautan (oh team Aqua), yang dibuatnya adalah murni kejahatan mafia. Merampok, menjarah sampai mengambil alih sebuah gedung dengan tujuan akhir menguasai dunia. Giovanni adalah bos sesungguhnya.

Sebagai gym leader, dia memakai Pokemon tipe Ground seperti Ryhorn dan Nidoqueen. Yah, walau pun tidak bisa dibilang sulit, tapi Pokemon yang digunakannya cukup kuat. Tapi fakta yang menyedihkan tentang Giovanni adalah, dia dua kali dikalahkan oleh anak berumur 10 tahun. Itu sedikit mengurangi kharismanya.

5. Jasmine

Jasmine adalah gym leader termanis menurutku. Selain itu, dia juga sangat baik. Walaupun dia gym leader, dia memprioritaskan untuk menyembuhkan Ampharos terlebih dahulu sebelum melawan kita. Dia meminta kita mengambil obat di Cianwood City sementara dia terus menjaga Ampharos di sisinya. Aku terharu! Terharu!! Oke, mungkin itu agak lebai.

Tapi jangan salah, walaupun dia lembut dan manis seperti itu, Jasmine justru pengguna tipe Steel dengan Steelix sebagai andalannya. Dia bahkan tak repot-repot meminta trainer di gym-nya untuk melawan kita. Jasmine memutuskan langsung melawan kita. Kombinasi imut dan berani itu membuatku suka dengan Jasmine.

4. Crasher Wake

Pertama kali aku melihat Crasher Wake, kukira dia adalah gym leader tipe fighting. Tapi ternyata dia adalah pengguna Pokemon tipe water. Sangat tidak cocok menurutku karena dia memakai baju dan topeng ala pegulat. Puzzle di gym-nya adalah yang paling susah menurutku karena kita harus menurunkan dan menaikkan ketinggian air. Pokemon andalannya? Floatzel. Tidak terlalu menyusahkan.

Alasan terbesar aku memasukkannya ke list ini adalah sifatnya yang lucu. Bahkan, dia adalah gym leader paling lucu di keseluruhan game. Dia mempunyai lagu sendiri yang dinyanyikannya keras-keras. Barry, rival kita di gen 4, malah sampai memohon-mohon agar menjadi muridnya walaupun ditolak.

3. Whitney

Whitney adalah gym leader di Goldenrod City. Dia memakai Pokemon tipe normal. Sepertinya semua orang tahu kalau Miltank milik Whitney adalah salah satu lawan yang paling menyebalkan untuk dilawan. Untuk ukuran gym awal, Miltank yang menggunakan stomp dan rollout untuk menyerang, milk drink ketika bertahan, dan attract untuk membuat Pokemon jantan tak berdaya adalah lawan yang sangat menyusahkan. Ketika aku melawannya pertama kali, aku harus bolak-balik ke Pokemon Center karena kalah melulu.

Yang menarik dari Whitney adalah ketika dia kalah, dia tidak langsung menyerahkan badge kepada kita. Dia menangis karena kesal. Setelah trainer di gym-nya mengatakan kalau Whitney mungkin sudah baikan, barulah kita diberikan badge. Oh Whitney, kau sangat imut tapi menyebalkan di saat bersamaan.

2. Sabrina

Sabrina, gym leader Psychic di Saffron City, memiliki kepribadian yang sangat berbeda di game dan anime. Di game, dia dikatakan memiliki kekuatan psychic dari kecil dan dia bisa berkomunikasi dengan Pokemon miliknya. Sabrina mengalahkan gym fighting di kota Saffron untuk menghilangkan status gym tersebut. Dia juga sudah memprediksikan kedatangan kita sejak tiga tahun yang lalu di Pokemon Gold, Silver dan Crystal. Walaupun begitu, Sabrina mengatakan kalau dirinya sebenarnya tidak suka bertarung. Tapi ketika bertarung, dia menggunakan Alakazam yang mengerikan dan sangat cepat.

Di anime, dia memiliki kepribadian yang sangat berbeda. Memang, Sabrina yang ini juga memiliki kekuatan Psychic sejak kecil, tapi dia memakai untuk hal yang benar-benar berbeda. Ketika Ash pertama kali bertemu dengannya, Sabrina membawa boneka yang bisa bicara mewakili dirinya. Lalu dia mengubah Ash dan kawan-kawan menjadi boneka kecil untuk dimainkan. Mereka diselamatkan oleh ayah Sabrina. Disitu dijelaskan kalau kekuatan Psychic Sabrina benar-benar diluar kendali sampai-sampai dia merubah ibunya sendiri menjadi boneka. Saat aku menonton episode itu ketika masih kecil, aku lumayan takut melihat tokoh Sabrina.

Oh ya, di manga Pokemon Adventure, Sabrina adalah salah satu anggota Team Rocket. Kepribadiannya yang unik itu membuatnya menempati posisi dua.

1. Blue

Blue adalah gym leader terbaik yang pernah ada. Kenapa? Alasan yang paling masuk akal adalah karena dia tidak menggunakan satu tipe tertentu. Dia menggunakan banyak kombinasi Pokemon yang membuat kita tak bisa menyapu bersih satu gym hanya dengan mengandalkan satu Pokemon. Yang makin membuatnya keren adalah Blue itu mantan Pokemon Champion di gen 1 yang juga merupakan rival kita. Setelah kalah dari Red, dia merasa masih bisa berkembang dan menggantikan posisi Giovanni di Viridian City.

Blue juga karakter favoritku di game Pokemon. Tidak ada lagi rival yang sehebat dia. Dia bukan hanya sombong, tapi Blue selalu satu langkah berada di depan kita. Ketika kita berhasil mengalahkan semua elite four dan merasa sudah memenangkan Liga, ternyata masih ada tantangan terbesar, yaitu mengalahkan Blue. Melawan dia sebagai gym leader di gen 2 memberikan perasaan menyenangkan karena melihat pada akhirnya Blue tidak menyerah begitu saja sebagai trainer seperti yang dilakukannya di anime. Karena itu semua, Blue adalah gym leader favoritku.

0 komentar:

Posting Komentar