Kemal si Blogger Iseng

show them all you're not the ordinary type

Top 10 Pokemon Tipe Grass


Aku akan memulai membuat list top 10 untuk setiap tipe Pokemon. Setelah berpikir lama, aku merasa harus memulai dari tipe Grass dulu. Kenapa? Karena Pokemon dengan Pokedex  #001, Bulbasaur, memiliki tipe Grass (dan Poison).

Sekedar informasi, tipe Grass super effective melawan Ground, Rock dan Water. Tapi tipe ini memiliki kelemahan karena tidak akan berbuat banyak melawan 7 tipe, yaitu Fire, Bug, Grass, Dragon, Flying, Poison dan Steel. Dalam bertahan, Grass kuat melawan Electric, Grass, Ground dan Water, tapi lemah melawan Bug, Fire, Flying, Ice dan Poison. Jadi bisa dibilang Grass adalah tipe yang memiliki banyak kelebihan dan kelemahan.

List yang akan kubuat berdasarkan pendapat pribadi, jadi kalian bisa saja tidak setuju. Oke, ini dia listnya :

10. Jumpluff


Jumpluff bukanlah Pokemon yang populer, aku akui itu. Awalnya aku juga tak suka dengannya karena menganggap Jumpluff sangat lemah. Pertama kali aku memakainya adalah saat bermain Fire Red Randomizer Nuzlocke, dan ya ampun, aku jadi sangat suka Jumpluff.

Statnya cukup standar dengan HP 75, Def 70 dan Spd 95. Tapi Speednya termasuk tinggi dengan base stat 110. Kelemahan Jumpluff adalah rendahnya Att dan Spa, masing-masing 55. Hanya saja asal bisa menyerang duluan, Jumpluff bisa melakukan banyak hal. Leech Seed, Sleep Powder atau Toxic bisa dipakai untuk melemahkan musuh dulu. Untuk serangan, Giga Drain dan Acrobatics adalah pilihan yang bagus. Sifat Jumpluff bukanlah sweeper, tapi lebih ke support. Dan Jumpluff sangat berguna dalam membantu tim. Karena itu dia ada di urutan 10.

9. Breloom


Bagi banyak orang, Breloom mungkin adalah tipe Grass favorit. Aku menaruhnya di posisi 9 karena dua alasan : aku tak pernah memakainya dan dia banyak memiliki kelemahan. Walaupun begitu, aku juga merasa Breloom adalah Pokemon keren dan pantas masuk ke list ini.

Kita lihat kelebihan Breloom dulu. Dia memiliki hidden ability Technician yang membuat Mach Punch jadi sangat berguna. Jika tidak, ability Poison Heal dan Effect Spore juga tak jelek. Untuk serangan, base stat Att 130 bisa menghancurkan lawan dengan mudah. Stat Def 80 juga lumayan. Dengan stat seperti itu, pilihan menyerang untuk Breloom bisa bervariasi. Brick Break, Seed Bomb atau Drain Punch bisa jadi pilihan yang bagus.

Sayangnya, kelebihan itu sedikit terhambat dengan stat-nya yang lain. Speednya tidak terlalu bagus dan Spd-nya hanya mencapai stat 60. Breloom hampir pasti kena serang duluan (kecuali memakai Mach Punch), dan jika diserang dengan Spa, maka tamatlah nasibnya. Belum lagi karena tipenya yang Grass/Fighting, dia menjadi lemah terhadap tipe Fire, Ice, Poison, Fairy dan Psychic, plus 4x lemah terhadap Flying. Tapi sekali lagi, jika digunakan dengan tepat, Breloom bisa menjadi momok untuk musuh.

8. Exeggutor


Aku sempat bingung siapa yang lebih baik untuk ditaruh di posisi 8 antara Breloom dan Exeggutor, tapi aku memilih kelapa bermuka tiga ini karena dia adalah salah satu Pokemon-ku yang masuk Hall of Fame saat aku pertama kali main Pokemon Red.

Exeggutor adalah Pokemon yang unik. Tipenya yang Grass/Psychic membuatnya sangat banyak memiliki kelemahan, tapi juga banyak memiliki kelebihan. Dia secara total lemah terhadap 6 tipe, tapi resist terhadap 4 tipe. Hidden Ability Harvest sangat membantu Exeggutor dalam pertarungan. Kombinasikan dengan Sitrus Berry dan Sunny day, maka Exeggutor bisa menjadi bulky Pokemon. Stat HP 95 dan Def 85 membantu lebih lagi. Untuk serangan, stat 125 untuk Spa sangatlah mengerikan. Leaf Storm + Lum Berry adalah jenis serangan yang bisa dipakai pada Exeggutor. Tapi kita harus ingat kalau Exeggutor itu sangat lambat dan memiliki Spd yang jelek juga sehingga tidak salah langkah.

7. Vileplume


Vileplume adalah salah satu perubahan Gloom selain Bellosom. Aku jujur gak ngerti jika orang lebih memilih Bellosom dibanding Vileplume. Pertama, design Vileplume lebih keren, sedangkan Bellosom terlalu imut dan kurang garang. Kedua, walaupun Bellosom sedikit lebih baik untuk bertahan (aku tak tahu kenapa bisa begitu), tapi Vileplume lebih hebat dalam menyerang.

Bukan hanya menyerang, pemain bisa memilih apakah mau memakai Vileplume sebagai Sweeper atau Bulky Pokemon. Jika Sweeper, base stat Spa 110 yang dikombinasikan dengan Petal Dance, Sludge Bomb atau Energy Ball adalah pilihan bagus. Jika Bulky, Ingrain + Leech Seed + Synthesis (+ Teeter Dance) akan membuat lawanmu jadi frustasi. Speed yang lambat memang menjadi masalah, tapi asal tidak terkena serangan super effective yang kuat seperti Fire Blast atau Psychic, kemungkinan besar Vileplume bisa bertahan mengingat stat di Def dan Spd gak jelek-jelek amat.

6. Torterra


Sebelum kita bahas Pokemon ini, mari kita amati baik-baik designnya. Dia adalah kura-kura keren dengan pohon di atasnya. Bagaimana mungkin kau tidak suka?? Jujur, Torterra adalah Pokemon starter tipe Grass yang paling kusukai hanya karena dia terlihat sangat kejam dan badass.

Masalah stat, seperti tiap starter, mereka tidak memiliki sesuatu yang benar-benar spesial. Untungnya untuk Torterra, dia memiliki stat lumayan di HP, Attack dan Defense, masing-masing 95, 109 dan 105. Speednya benar-benar lamban, tapi itu tidak masalah karena Torterra sejak awal lebih cocok sebagai tipe Bulky. Leech Seed + Protect + Synthesis akan sangat sesuai dengan Torterra, apalagi jika ditambah EV train maks HP dan Def, plus Hidden Ability Shell Armor yang mencegah lawan critical hit. Jika itu semua dipenuhi, maka Torterra akan sangat sulit dijatuhkan.

5. Venusaur


Pokemon pertama di lima besar adalah Venusaur. Aku tahu apa yang kau pikirkan, "Katanya Torterra starter Grass terbaik, kenapa Venusaur lebih tinggi?" Satu alasannya : Mega Venusaur. Mega Venusaur membuat Venusaur menjadi Pokemon yang super Bulky.

Biar kujelaskan, saat berubah jadi Mega, Venusaur memiliki ability Thick Fat membuat serangan tipe Fire dan Ice, yang mana merupakan kelemahan Venusaur, jadi memiliki damage 50%. Jadi pada dasarnya, tidak benar-benar ada tipe yang unggul dari Venusaur kecuali Flying dan Psychic. Tidak sampai disitu, Mega Venusaur memiliki stat yang sangat merata : Att 100, Def 123, Spa 122 dan Spd 120. Ditambah HP 80, aku akan sangat malas melawan Venusaur yang mempunyai moveset Synthesis + Leech Seed. Dan dengan stat seperti itu, kau bisa memilih mau memakai Venusaur yang lebih ke Attack atau yang ke Special Attack karena keduanya sama-sama bagus. Mega Venusaur is a beast!!

4. Leafeon


Awalnya aku tak pernah memperhitungkan Leafeon ketika meng-evolve Eevee, tapi kini dia mungkin salah satu yang paling kusukai. Ini dikarenakan dia memiliki Ability dan Stat yang saling mendukung. Oh ya, sebelum kujelaskan lebih jauh, cara mendapatkan Leafeon itu bukanlah memakai Leaf Stone pada Eevee melainkan leveling di dekat Mosh Rock. Aku gak ngerti kenapa bisa begitu, karena pakai Leaf Stone jelas lebih cocok, tapi....yah sudahlah.

Seperti yang kubilang tadi, Leafeon memiliki Ability yang membantu mengatasi kekurangannya. Ability yang kumaksud adalah Chlorophyll. Chlorophyll menaikkan speed dua kali ketika cuaca sunny. Ya, Leafeon adalah Pokemon yang sangat tepat jika kau memakai tim sunny. Base stat Leafeon adalah 95, yang akan di-double jika cerah. Kombinasikan itu dengan Att yang 110. Leaf Blade adalah serangan yang paling cocok. Jika memakai Leafeon, sebaiknya kita menyerang duluan karena Leafeon tidak tahan serangan Spesial Attack. Defense-nya memang sangat tinggi, base stat 130, tapi karena HP-nya hanya 65, kemungkinan besar dia akan tewas dalam dua kali serangan. Jadi ingat, Sunny Day + Leafeon adalah kombinasi mematikan.

3. Roserade


Secara Stat, Roserade tidak bisa dikatakan yang terbaik di tipe Grass. Tapi beberapa hal membuatku jadi menyukainya. Spa yang mempunyai base stat 125 membuatnya bisa meng-OHKO kebanyakan Pokemon. Speednya juga cukup bagus dengan base stat 90. Yang paling membuatku suka adalah designya yang mirip Zorro. Karena itulah aku sering memakainya dan dia adalah Pokemon pertama yang ku-levelling hingga level 100.

Roserade bisa dipakai sebagai tipe Offensive atau Support. Jika kau memilih Offensive, maka Sludge Bomb dan Leaf Storm bisa jadi pilihan serangan yang tepat. Tapi ingatlah untuk memaksimalkan Speed di EV train (atau kalau perlu cari nature yang +Speed) karena Roserade sangat lemah jika terkena serangan fisik. Roserade bisa dipakai sebagai tipe Support yang baik karena ability Natural Cure-nya. Belum lagi dia bisa mempelajari Toxic Spikes atau Spike. Gabungkan itu dengan Venoshock, maka kau akan mendapatkan Pokemon tipe Support yang juga bisa menyerang.

2. Ferrothorn


Ferrothorn adalah Pokemon mengerikan dengan tipe unik Grass/Steel. Dengan tipe seperti itu, Ferrothorn menjadi sangat diuntungkan. Baca baik-baik, Ferrothon resist terhadap 9 tipe. Ya, 9 tipe! Belum lagi dia immune terhadap tipe Poison. Pokemon ini benar-benar momok mengerikan asal tidak melawan tipe Fire yang kuat di Spa.

Selain tipe yang sangat menguntungkan itu, Ferrothorn adalah Pokemon yang sangat bisa diandalkan dalam bertahan. Stat Def 131 dan Spd 116.....Ferrothorn adalah benteng yang sangat sangat sangat sulit dijatuhkan. Karena itulah dia sering digunakan pertama untuk memasang Spike atau Stealth Rock. Jika Ferrothorn memegang held item Rocky Helmet dan mempunyai ability Iron Barbs, maka Pokemon yang menyerangnya secara fisik akan menyesal.

Dan jangan salah, Pokemon ini juga sama baiknya dalam menyerang. Base stat 94 itu sangat cukup. Power Whip dan Iron Head mungkin pilihan menyerang yang baik untuk Ferrothorn. Stat Ferrothorn di Spa dan Speed memang sangat rendah, tapi siapa yang peduli. Speednya yang rendah malah bisa menjadi keuntungan dengan move Gyro Ball. Dengan semua kelebihan itu, Ferrothorn berada di posisi 2.

1. Lilligant


Yup, Pokemon nomor satu dalam list Top 10 Pokemon tipe Grass adalah Lilligant. Sejak aku memakainya di Pokemon Black, aku merasa jatuh cinta pada Lilligant. Dia sangat cepat dan kuat. Belum lagi designnya yang sangat manis.

Memang, Lilligant tak bisa menerima serangan, tapi siapa yang peduli jika dia bisa menyerang duluan. Sama seperti Leafeon, Ability Chlorophyll hampir memastikan Lilligant bisa bergerak lebih cepat dibanding Pokemon lain. Belum lagi Lilligant bisa belajar Quiver Dance yang bisa memaksimalkan kelebihannya dengan baik. Sebenarnya bahkan dia tidak memerlukan Quiver Dance. Berikan Lilligant Choice Scarf, maka itu sudah cukup untuk lebih cepat dari musuh.

Lilligant juga bisa memakai Sleep Powder terlebih dahulu agar lebih aman. Untuk pilihan serangan, Lilligant bisa memakai Energy Ball, Giga Drain ataupun Petal Dance. Jika kau memakai tim sunny, maka Lilligant juga bisa memakai Solar Beam. Kalau sudah begitu, jangan tertipu dengan muka manisnya, Lilligant bisa menghancurkan tim lawan dengan mudah.

1 komentar:

wahh. sceptile gak masuk bro.
mega sceptile dragon grass. keren padahal

 

Posting Komentar