Kemal si Blogger Iseng

show them all you're not the ordinary type

Valiant Hearts : The Great War Review


Kalian suka Perang Dunia 1? Yah, kau aneh! Ada masalah dengan moralmu jika kau suka dengan perang. Tapi apakah kau suka membaca cerita tentang Perang Dunia 1? Maka Valiant Hearts adalah game yang tepat untukmu.

Tapi Valiant Hearts adalah game yang berbeda dengan game perang pada umumnya. Game ini tidak memakai sistem FPS dan menembak semuanya. Game ini berbentuk 2D platform yang memakai sistem point-and-click dengan berfokus pada cerita orang-orang yang terlibat dalam perang. Apa yang karakter game ini alami bisa dibilang menggambarkan apa yang dirasakan orang yang terlibat di Perang Dunia 1.

Ada 6 karakter utama di game Valiant Hearts :

1. Emile


Emile adalah mantan petani. Dia tinggal bersama anaknya Marie dan menantunya Karl. Dia kemudian dipanggil untuk bergabung tentara Prancis yang sedang berperang dengan Jerman, negara asal Karl. Emile kemudian bersahabat baik dengan Freddie dan bersama mereka membantu Anna mencari ayahnya. Emile digambarkan sebagai orang tua yang benci dengan perang, tapi tak punya pilihan lain selain mengikuti perintah. Pada akhirnya, dia memimpin pemberontakan tentara Prancis.

2. Freddie


Freddie adalah tentara Prancis yang sebenarnya berasal dari Amerika. Salah satu alasannya ikut perang adalah untuk membalas dendam kepada Jerman yang telah merenggut nyawa istrinya. Freddie sempat dikira mati oleh Emile akibat ledakan. Tapi bersama ayah Anna, dia berhasil meloloskan diri. Freddie punya adik di Amerika. Dan di akhir cerita, dia mendapat kabar kalau Amerika akan ikut perang dari adiknya.

3. Karl


Karl adalah suami dari Marie dan menantu Emile. Dia kelahiran Jerman dan tinggal bersama-sama istrinya di pertanian milik Emile. Ketika perang meletus, Karl dipanggil oleh Jerman untuk melayani negara sebagai tentara. Dia sempat terluka parah dan kemudian dirawat oleh Anna. Karl lalu mencoba melarikan diri dari pasukan tentara karena khawatir dengan nasib istri dan anaknya yang masih kecil.

4. Anna


Anna adalah suster dari Belgia yang mencari ayahnya, seorang ilmuwan yang ditangkap oleh Jerman. Dalam perjalanan, dia menyelamatkan Emile dan Freddie dari serangan bom gas. Anna lalu kemudian ditangkap oleh pasukan Prancis, dan saat dalam masa tahanan, dia mengobati para tentara lainnya, termasuk Karl. Setelah bertemu ayahnya, dia pergi ke pertanian milik Emile untuk mengabarkan ke Marie tentang nasib suami dan ayahnya.

5. Marie


Marie adalah putri Emile dan istri Karl. Dia tetap tinggal bersama anaknya di pertanian ketika Karl dan Emile dipanggil untuk perang. Marie sangat mencemaskan kedua orang itu dan rajin memberi kabar tentang keadaannya lewat surat kepada Emile dan Karl.

6. Walt


Walt adalah anjing medis yang awalnya dimiliki oleh pasukan Jerman. Saat Jerman diserang, dia menolong Emile dan sejak saat itu pergi bersamanya. Walt berkali-kali membantu menyelesaikan masalah, seperti saat dia melewati gas berancun di saat para tentara tidak bisa. Walt jugalah yang kemudian memanggil bantuan ketika Karl terluka.



Seperti yang kubilang, Valiant Hearts mentitik beratkan pada sisi storyline. Cerita bagaimana sulitnya orang tua seperti Emile untuk tetap ikut berperang, bagaimana kisah Freddie yang awalnya bahagia kemudian menjadi penuh dendam, atau bagaimana sulitnya hidup Marie yang hanya bersama anaknya di tengah kepungan tentara.


Fitur-fitur dari game ini menguatkan storyline. Tiap karakter punya diary yang bisa kita baca, dan di situ mereka menceritakan bagaimana perasaan mereka di setiap event. Ada juga fitur fakta yang menceritakan apa yang sebenarnya terjadi saat Perang Dunia beserta fotonya. Itu akan menjadi tambahan yang menarik bagi pecinta sejarah. Game ini juga menyediakan banyak collectible item yang masing-masing punya penjelasan sendiri, seperti surat dari tentara.

Walaupun aku bilang game ini lebih ke storyline, bukan berarti grafis dari game ini jelek. Malah menurutku, game perang dengan gameplay 2d itu sangat unik dan lebih mudah bagi kita untuk menerima dunia mereka. Game ini penuh detail dan memiliki soundtrack klasik yang cocok untuk suasana masa itu.


Valiant Hearts adalah game yang harus kau mainkan sendiri untuk bisa memahami ceritanya. Tidak masalah jika kau tidak suka perang atau sejarah, aku sendiri awalnya tidak terlalu mengerti sejarah Perang Dunia. Kau tetap bisa menikmati cerita hidup masing-masing karakter selama kau mengerti alur ceritanya. Jadi yah, aku sangat merekomendasikan Valiant Hearts : The Great War.

0 komentar:

Posting Komentar