Kemal si Blogger Iseng

show them all you're not the ordinary type

Year Walk Review


Year Walk adalah indie game horror yang dibuat oleh game developer dari Swedia bernama Simogo. Game ini awalnya untuk pengguna iPhone, tapi di awal tahun ini, Year Walk dirilis untuk pengguna PC.

Apa itu Year Walk? Year Walk adalah ritual mistis yang dilakukan orang Swedia pada abad ke 19 untuk melihat masa depan. Ritualnya dimulai dengan mengunci diri sendiri di kamar gelap, lalu ketika malam hari, mereka memulai perjalanan di hutan untuk mencapai gereja. Ketika di hutan, mereka akan bertemu makhluk-makhluk mistis yang bisa saja menyebabkan mereka terbunuh. Tapi jika mereka sampai di gereja, maka masa depan pun akan terlihat.


Inilah ide dasar dari game Year Walk. Kita akan menjelajahi hutan dan bertemu banyak makhluk mistis demi bisa mencapai gereja. Game ini memiliki sistem  point-and-click dan navigasi arahnya haya kiri kanan atas bawah, tapi justru dengan sistem sederhana seperti itu kita bisa lebih merasakan suasananya.

Cerita ini akan dimulai dengan kita bertemu wanita. Kita mengatakan akan menjalani Year Walk untuk melihat masa depan kita dengan wanita itu. Setelah itu kita harus memecahkan satu per satu puzzle yang ada agar bisa mencapai gereja.


Dari segi suasana, Year Walk sukses menimbulkan ketegangan. Mereka tidak memakai musik mengerikan atau semacamnya, tapi hanya suara-suara kecil seperti retakan kayu atau jejak kaki di salju ditambaj suasana hutan yang menyeramkan. Menurutku itu lebih menakutkan, karena kita merasa makhluk mengerikan akan meloncat ke muka kita kapan saja.

Belum lagi makhluk-makhluk mistis diperlihatkan dengan apik. Bahkan Year Walk menyediakan kamus yang menjelaskan tentang makhluk-makhluk ini pada sisi atas. Jujur saja, dengan membacanya saja aku sudah takut duluan. Sebagai contoh, ada penjelasan tentang Mylings. Mylings adalah hantu anak kecil yang dibuang oleh ibunya. Dalam kamusnya, diceritakan sebuah kisah tentang seorang wanita yang tewas karena Mylings. Dan coba tebak, dalam game ini kita harus mengumpulkan empat roh Mylings. Yup, bersiap-siap dikejutkan.


Untuk puzzle-nya sendiri, aku merasa terlalu kabur. Jika tak ada hint yang selalu kita gunakan, mungkin aku tak tahu harus apa. Tapi jika sudah mengerti, puzzlenya cukup mudah untuk dipecahkan. Oh ya, selalu siapkan kertas dan pensil karena di saat-saat tertentu kau harus mencatat sesuatu.

Tapi aku merasa game ini masih memiliki kekurangan. Di bagian akhir, suasananya jadi tidak semenegangkan bagian awal ke tengah. Lalu ada juga ending yang sangat menggantung. Jika kita ingin melanjutkan ke area baru untuk mengetahui ending sesungguhnya, maka kita harus mendaftar ke Simogon. Aku merasa itu tidak terlalu diperlukan mengingat game ini sendiri hanya berdurasi sekitar kurang dari dua jam.


Pada akhirnya, aku tetap merekomendasikan game ini untuk dicoba. Simpel dan tidak memerlukan banyak memori, Year Walk menawarkan ketegangan berdasarkan mitos Swedia, sesuatu yang jarang diangkat sebagai game. Nilai akhir : 8/10.

0 komentar:

Posting Komentar