Kemal si Blogger Iseng

show them all you're not the ordinary type

Prediksi Penyisihan Grup Liga Champion



Wah, udah lama gak posting soal hobiku yang lain, yaitu tentang sepakbola. Berhubung baru aja undian buat penyisihan grup Liga Champion, aku mau coba prediksi kira-kira siapa yang akan lolos ke babak 16 besar. Tentu saja aku bukanlah pengamat sepakbola profesional atau bung bung yang sering jadi komentator, ini hanya perkiraan pribadi. Mungkin betul, kemungkinan besar sih salah, hehe. Oke, kita mulai saja :

Grup A : Manchester United, Shakhtar Donetsk, Bayer Leverkuesen, Real Sociedad



Sekilas seperti grup yang mudah buat Manchester United, tapi aku tidak terlalu yakin mereka akan melewati grup ini semudah itu, walaupun tetap saja aku masih memperkirakan MU yang bakal keluar sebagai juara grup. Shakhtar Donetsk sudah sering menjadi batu sandungan untuk tim-tim yang biasa lebih diunggulkan, dan secara kekuatan mungkin berimbang dengan Bayer Leverkuesen. Yang menjadi perhatianku adalah Real Sociedad.Mereka secara mengejutkan bisa finish di posisi 4 La Liga musim lalu dan menyingkirkan raksasa Prancis, Lyon, di kualifikasi. Aku yakin klub Spanyol ini akan menjadi kejutan dan justru bisa lolos ke babak 16 besar. Kekuatan Real Sociedad sulit ditebak, tapi jelas mereka sangat kompak.


Perkiraan akhir grup A :
1. Manchester United
2. Real Sociedad
3. Shakhtar Donetsk
4. Bayer Leverkuesen

Grup B : Real Madrid, Juventus, Galatasaray, FC Kopenhagen



Persaingan di grup ini jelas akan didominasi oleh Real Madrid dan Juventus yang sama-sama merupakan raksasa Eropa. Galatasaray yang musim lalu mencapai 8 besar mungkin bisa mengejutkan, tapi akan sangat sulit karena Madrid dan Juve biasanya stabil di setiap pertandingan. FC Kopenhagen hampir pasti tidak punya kesempatan dan hanya bisa berharap tak menjadi lumbung gol. Pertanyannya sekarang, siapa yang akan menjadi juara grup? Mungkin banyak yang memperkirakan Real Madrid, tapi aku berani bilang Juventus lah yang akan memuncaki grup ini. Juventus punya tim yang lebih merata dan hampir tidak ada masalah di musim ini. Real Madrid masih sibuk dengan urusan kiper utamanya dan itu akan mempengaruhi konsentrasi tim.

Perkiraan akhir grup B :
1. Juventus
2. Real Madrid
3. Galatasaray
4. FC Kopenhagen

Grup C : Benfica, Paris Saint-Germain, Olympiakos, Anderlecht



Menurutku, grup ini sedikit membosankan karena tidak ada klub raksasa Eropa saat ini di dalamnya. Tapi kalau mau dilihat dari sisi lain, grup ini sangat berimbang dan aku agak sulit memprediksikan siapa yang akan lolos ke 16 besar. PSG mungkin akan menjadi juara grup dengan banyak bintang di klub mereka, tapi kekuarangan PSG adalah tim yang belum terlalu kompak. Itu bisa berbahaya karena Benfica dan Olympiakos bisa sangat mengejutkan menghadapi tim seperti PSG. Satu-satunya yang aku yakin, Anderlecht sekali lagi tidak akan berbicara banyak musim ini.

Perkiraan akhir grup C :
1. Paris Saint-Germain
3. Benfica
3. Olympiakos
4. Anderlecht

Grup D : Bayern Muenchen, CSKA Moscow, Manchester City, Victoria Plzen



Setelah dua musim selalu tersingkir di penyisihan grup, ini adalah saatnya Manchester City melangkah lebih jauh. Musim lalu (saat status mereka juara Premier League), mereka tersingkir secara memalukan dan hanya menjadi juru kunci. Musim ini satu-satunya halangan berat bagi City adalah juara bertahan Bayern Muenchen. Tentu saja aku masih merasa Muenchen tak akan kalah oleh City, tapi klub Inggris itu bisa mengambil posisi kedua. CSKA Moscow kemungkinan besar akan menempati posisi 3.

Perkiraan akhir grup D :
1. Bayern Muenchen
2. Manchester City
3. CSKA Moscow
4. Victoria Plzen

Grup E : Chelsea, Schalke 04, FC Basel, Steaua Bucharest



Kesalahan Chelsea hingga tersingkir cepat musim lalu adalah pelatih yang tidak stabil karena diganti di tengah-tengah musim. Berbeda dengan musim ini, Jose Mourinho adalah tipe pelatih yang sangat stabil dan kemungkinan tidak akan diganti hingga akhir musim. Kalau sudah begitu, grup ini akan sangat mudah bagi Chelsea yang sejak awal sudah punya pemain-pemain bagus. Yang menarik adalah perebutan posisi runner-up karena tiga tim lainnya berimbang. Schalke 04 mungkin sedikit diunggulkan karena punya pemain-pemain yang lebih berpengalaman di kompetisi Eropa. Tapi kejutan sangat mungkin terjadi dan bukan mustahil justru FC Basel atau Steaua Bucharest yang akan lolos ke 16 besar mendampingi Chelsa.

Perkiraan akhir grup E :
1. Chelsea
2. Schalke 04
3. Steaua Bucharest
4. FC Basel

Grup F : Arsenal, Oympique Marseille, Borussia Dortmund, Napoli



Inilah grup neraka di Liga Champion musim ini. Tidak ada yang pasti siapa yang akan lolos mengingat mereka semua adalah klub hebat Eropa. Kita mulai dari Arsenal, tim yang hampir pasti selalu masuk Liga Champion tiap musimnya. Klub mereka hebat, tapi tidak adanya perekrutan pemain baru yang benar-benar hebat akan membuat mereka kesulitan. Napoli justru sebaliknya, mereka berhasil merekrut pemain-pemain baru yang akan menjadi amunisi mematikan seperti Higuain dan Callejon. Kehilangan Cavani tidak akan terlalu berpengaruh pada mereka. Finalis musim lalu, Borussia Dortmund, juga masih sama mengerikannya dengan musim lalu. Mereka sudah membuktikan diri dengan mengalahkan Bayern Muenchen di Pialu Super Jerman. Marseille mungkin akan kesulitan, tapi mereka terkenal sering membuat kejutan. Kemungkinan besar Arsenal akan tersingkir lebih cepat musim ini.

Perkiraan akhir grup F :
1. Borussia Dortmund
2. Napoli
3. Arsenal
4. Olympique Marseille

Grup G : FC Porto, Atletico Madrid, Zenit Saint Petersburg, Austria Wina



Oke, Austria Wina sudah bisa kita singkirkan dari perkiraan yang akan lolos. Aku yakin 99% mereka akan menjadi juru kunci. Tiga tim lainnya akan saling berebut posisi puncak. Pengalaman FC Porto di Liga Champion tidak bisa menjadi jaminan mereka akan lolos dengan mudah. Atletico Madrid membuktikan diri akan menjadi saingan yang berat dengan penampilan mereka di Piala Super Spanyol melawan Barcelona yang luar biasa. Zenit mungkin bisa mencari peluang ketika salah satu dari dua tim itu terpeleset dan mereka punya kapasitas untuk melakukannya.

Perkiraan akhir grup G :
1. Atletico Madrid
2. FC Porto
3. Zenit Saint Petersburg
4. Austria Wina

Grup H : Barcelona, AC Milan, Ajax Amsterdam, Glasgow Celtic



Satu lagi grup neraka di Liga Champion musim ini. Barcelona sekali lagi akan bertemu dengan AC Milan yang sangat merepotkan mereka di 16 besar musim lalu. Ajax Amsterdam juga tidak bisa diremehkan atau Barcelona dan Milan bisa bernasib seperti Man City musim lalu. Celtic? Musim lalu mereka bahkan sempat mengalahkan Barcelona. Bukan rahasia lagi kalau kandang Celtic adalah tempat yang sangat sulit ditaklukan. Perkiraanku adalah Barcelona dan Milan tetap akan keluar sebagai dua teratas, tapi dengan perjuangan yang sangat sulit.

Perkiraan akhir grup H :
1. Barcelona
2. AC Milan
3. Glasgow Celtic
4. Ajax Amsterdam

0 komentar:

Posting Komentar