Kemal si Blogger Iseng

show them all you're not the ordinary type

Beberapa Sifat Aneh Orang Indonesia

Menurut pengamatanku, orang Indonesia itu punya beberapa sifat-sifat aneh pada kehidupan sehari-harinya. Inilah beberapa diantaranya :

1. Jadi Orang Baik di Negara Orang

Orang Indonesia yang bertingkah semaunya ketika di negeri sendiri (buang sampah sembarangan, ngelanggar lalu lintas, dan sebagainya) secara mengejutkan akan berubah drastis jika lagi jalan-jalan ke luar negeri. Rasanya jadi segan buang sampah sembarang, segan melanggar peraturan, pokoknya jadi orang baik deh.

Ayahku sendiri mengingatkan aku dengan keras ketika kami sedang jalan-jalan di Singapura agar jangan buang sampah di sembarang tempat. Katanya selain Singapura peraturannya ketat, juga bisa bikin jelek nama Indonesia. Wow, orang yang jalan-jalan ke luar negeri memang juga membawa nama Indonesia di dirinya.

2. Buta Warna
Itu lampu merah atau lampu hijau ya?

Ini nih sifat Indonesia yang menurutku paling membingungkan dan menjengkelkan, gak bisa bedain warna merah sama hijau di lalu lintas. Motor-motor, kalau ngeliat ada jalan kosong didepan, langsung aja ngebut padahal jelas-jelas lampu merah. Terus kalau nyaris ngelanggar, eh dia malah marah-marah, padahal udah salah juga.

Tentu saja keadaan ini akan berubah drastis jika ada polisi yang jaga.

3. Jika Satu Ngetrend, Yang Lain Ikutan

Jika lagu melayu terkenal, muncullah band-band dengan genre melayu. Ketika Sinta-Jojo beken, ramai-ramai orang masukin videonya di youtube, berharap bisa ikut beken (dan mungkin berharap main di iklan So Nice juga). Boyband/girlband bermunculan karena SM*SH ternyata sangat ngetrend. Yang terakhir, baru-baru ini, ketika buku "Poconkkk juga Pocong" terbit dan terkenal, eh muncul deh buku-buku komedi bertema pocong dan setan lainnya. Monoton banget kan..

4. Budaya Barat Dianggap Modern, Budaya Asli Dianggap Kuno

Ini buat remajanya sih. Mereka nganggap budaya barat itu gaul dan yang tidak mengikutinya adalah orang-orang jaman dulu. Ciuman saat pacaran misalnya. Budaya asli Indonesia jelas melarang, tapi sekarang kalau gak ciuman waktu pacaran, katanya kita 'gak-gaul-banget-sih-lo' atau 'udah-tua-ya'. Padahal kalau dipikir lebih baik, ciuman pertama kali saat nikah pasti akan lebih romantis. Sekarang ciuman kayak gak ada harganya, gampang banget dikasih.

5. Gampang Mengkritik, Sulit Berubah
Kritiknya keroyokan

Rakyat Indonesia itu paling rajin mengkritik pemerintahnnya. Ada masalah sedikit aja, yang kritik langsung bejibun. Tapi mereka sendiri akan sulit menerima kritikan dan berubah. Contoh masalah banjir, banyak yang mengkritik pemerintah karena tak bisa menyelesaikan masalah banjir di tiap tahun. Tapi mungkin saja orang yang mengkritik itu selalu buang sampah sembarangan dan gak ngubah sifat jeleknya itu tiap tahun.



Itulah beberapa yang kutemukan. Indonesia ini memang bener-bener bangsa yang unik

0 komentar:

Posting Komentar