Kemal si Blogger Iseng

show them all you're not the ordinary type

Pokemon 101

Belakangan ini, banyak orang yang bilang kayak gini sama aku, "Lu main Pokemon? Itu kan mainan anak kecil!" Kalau kalian juga beranggapan kayak gitu, well f**k you!! Pokemon itu permainan yang gak ada matinya tau! Bikin ketagihan gimana gitu.

Nah disisi lain banyak juga temen yang nanya, "Emang main pokemon itu gimana sih?" Wah kawan, dirimu bener-bener telat gaul. Tapi karena kalian bermaksud ingin belajar main Pokemon, aku salut. Supaya gampang, kupersembahkan bagi kalian Pokemon 101, atau apa-apa aja yang perlu kalian tahu tentang Pokemon.

Boleh tahu gak sejarah Pokemon kayak mana?


Satoshi Tajiri, pembuat Pokemon

Pokemon, atau kependekan dari Pocket Monster, dibuat oleh Satosi Tajiri pada 1995. Game Pokemon pertama kali yang dikeluarkan adalah Pokemon versi Red dan Green di Jepang, yang kemudian diubah menjadi versi Red dan Blue ketika dirilis di Global. Game ini bisa dimainkan dalam konsol Gameboy (ya gameboy, jaman dulu banget kan). Ternyata Pokemon Red dan Blue sukses besar sehingga bermunculan game Pokemon versi lain. Kini total ada 54 game yang membawa nama Pokemon. Keren!

Emangnya Pokemon itu Game tentang apa sih?

Ceritanya kita berada di dalam dunia yang penuh dengan spesies Pokemon. Awalnya kita harus memilih satu dari tiga pokemon starter yang akan menjadi Pokemon pertama kita.


Pokemon starter di Pokemon Silver dan Gold. Ayo dipilih-pilih

Tujuan kita di dalam game itu untuk menangkap semua jenis Pokemon dan menjadi Pokemon master. Untuk menjadi Pokemon master, kita harus mengalahkan para gym leader dan berpartisipasi di tournament. Jika kita berhasil mengalahkan para elite four dan pokemon champion, maka resmilah kita menjadi Pokemon Master.

Apakah segampang itu? Oh tidak. Banyak lawan yang harus kita hadapi selama perjalanan. Tapi di setiap game, kita juga harus melawan organisasi jahat yang selalu membuat kekacauan sehingga membuat jalan cerita game Pokemon  sangat menarik. Jika kau penasaran sistem bertarung di game ini, lihat aja video di bawah :



Itu contoh pertarungan dalam Pokemon Red. Wajar ya kalau grafisnya jelek, game ini kan emang udah lama banget. Tapi kalau boleh saran, sebaiknya kalian mulai main dari Pokemon Red atau Blue, karena itu dasar dari semua game Pokemon.

Wah kayaknya seru, emang berapa jumlah semua Pokemon?

Kalau dihitung sampai game Pokemon terakhir (versi Black 2 and White 2), maka ada 649 spesies Pokemon! Gile banyak banget kan, dan dirimu harus bisa menangkap semuanya. Kalau cuma di Pokemon Red dan Blue, ada 150 Pokemon (ditambah 1 Pokemon, yang sangat sangat sangat langka, namanya Mew, cari tahu sendiri yang cara nangkapnya :p). Pokemon itu ada yang bentuknya unyu banget, seram banget, bahkan sampai yang konyol karena persis lampu taman.


Ya, ini Pokemon, namanya Lampent

Biasanya game Pokemon dirilis dalam versi berpasangan, contohnya Red dan Blue atau Gold dan Silver. Jalan cerita kedua versi itu sama, hanya saja untuk melengkapi semua Pokemon, kamu gak bisa cuma main satu versi, karena ada beberapa Pokemon yang hanya muncul khusus di salah satu versi. Wah jadi gimana dong? Kalau jaman dulu sih kita bisa trade Pokemon sama teman kita yang main versi lain dengan link cable gameboy. Agak susah emang trade kalau kita main pakai emulator, tapi bisa kok. Banyak caranya, rajin-rajin cek di google sama youtube aja ya.

Eh eh, kayaknya aku sering dengar nama Ash Ketchum, itu siapa ya?

Ash, pemeran utama Pokemon Anime

Ash itu tokoh utama di kartun Pokemon. Nama lengkapnya Ash Ketchum, dia berasal dari Pallet Town. Kalau di game Pokemon Red dan Blue, tokoh utamanya bernama Red, tampilan fisiknya mirip sama Ash. Ash punya pokemon yang menjadi sahabat terbaiknya, Pikachu. 

Karena kartunnya yang sangat terkenal, Pokemon juga mengeluarkan versi Yellow, dimana jalan ceritanya mirip dengan jalan cerita di kartun. Kamu gak bakal dapat salah satu dari Pokemon starter, tapi langsung mendapat Pikachu sebagai Pokemon pertama.

Oke, aku jadi tertarik, download gamenya dimana ya?

Di bawah ini ada list beberapa game utama Pokemon dan dimana kamu bisa mendownloadnya :

Emulatornya 
VBA (Untuk Pokemon Red, Blue, Yellow, Gold, Silver, Crystal, FireRed, LeafGreen, Ruby, Sapphire, Emerald) : http://coolrom.com/emulators/gba/14/Visual_Boy_Advance.php

NDS (Untuk Pokemon SoulSilver, HeartGold, Diamond, Pearl, Platinum, Black, White) : http://coolrom.com/emulators/nds/84/DeSmuME.php

Game Pokemon (diurut berdasar tanggal rilis)
Pokemon Yellow : http://coolrom.com/roms/gbc/6521/Pokemon_Yellow.php (jalan cerita mirip yang di anime)
Pokemon FireRed : http://coolrom.com/roms/gba/14488/Pokemon_-_Fire_Red.php (versi remake Red, dengan grafis yang jauh lebih bagus)
Pokemon LeafGreen : http://coolrom.com/roms/gba/14251/Pokemon_-_Leaf_Green.php (versi remake Blue)
Pokemon SoulSilver : http://coolrom.com/roms/nds/17311/Pokemon_-_SoulSilver.php (versi remake Silver)
Pokemon HeartGold : http://coolrom.com/roms/nds/17310/Pokemon_-_HeartGold.php (versi remake Gold)


Selamat menjelajah di dunia Pokemon :D !


5 komentar:

yg paling gres kok g ada,
Black 2 sama White 2

 

Buat Black 2 sama White 2, belum nemu link yang bener2 terjamin, ntar ku-update kalau ketemu ya :D

 

Please , aku mau game pokemon black and white 2 english, tapi kalo yg versi indo ada gk gan,. Biar gampang gitu mecahin misteri nya.

 

wah kayaknya kalo versi indonesia gak ada tuh gan

 

jalan cerita pokemon white 2 ada gk gan

 

Posting Komentar