Kemal si Blogger Iseng

show them all you're not the ordinary type

Pahala Ibadah di Bulan Puasa

Biar blog ini agak keren, aku akan membahas all about Islam selama Ramadhan. Kita mulai dari yang paling dasar, katanya di bulan puasa pahala kita akan dilipat gandakan, emang sebanyak apa sih? ini dia nih.

1. Pahala Berpuasa Ramadhan






Ada 7 pahala yang akan diberikan bagi orang yang berpuasa secara ikhlas :

  • Akan dicairkan daging haram yang tubuh di tubuhnya (karena mungkin secara tak sengaja makan makanan yang haram)
  • Rahmat Allah senantiasa dekat dengannya
  • Diberikan oleh Allah sebaik-baik amal
  • Dijauhkan dari merasa lapar dan dahaga
  • Diringankan baginya siksa kubur
  • Diberikan cahaya ketika kita menyebrangi titian Sirath (jembatan yang membatasi neraka dan surga)
  • Masuk surga (pastinya dong)
Pahala puasa juga tak terikat dengan jumlah saking banyaknya disebabkan kita mau menghindari nafsu kita karena Allah semata. Keren banget ya.

Selain pahala, sadar gak sih kalau puasa banyak memberikan manfaat lain buat kita. Kita jadi lebih terlatih untuk mengendalikan hawa nafsu, bisa mengerti betapa beruntungnya hidup kita yang bisa makan setiap hari, dan banyak lagi.

2. Pahala Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan





Membaca Al-Quran di bulan puasa sama seperti mendulang emas di tambang emas karena banyak banget pahalanya. Bayangin aja, satu huruf yang dibaca berarti 10 pahala! Bacaan basmalah aja ya ada 19 huruf, jadi kalau dirimu baca basmalah di Al-Quran itu berarti udah dapat 190 pahala. Bayangin aja kalau satu surat.

Makanya, rutin baca Quran deh selama puasa. Gak ada ruginya!

3. Pahala Shalat di Bulan Ramadhan






Shalat wajib jelas penting dan tak boleh ditinggalkan sama sekali. Aku kurang tahu soal pahala tentang shalat wajib di bulan Ramadhan, tapi yang pasti dilipat gandakan dibanding bulan biasa, apalagi kalau berjamaah.

Yang mau kubahas adalah shalat sunnah. Selama puasa, kita pasti rajin dong salat tarawih. Nah mulai sekarang, jangan tarawih aja, tapi lakukan shalat sunnah lainnya karena pahalanya sangat berlipat di bulan Ramadhan. Kalau di hari biasa, 10 shalat sunnah baru bisa menutupi satu shalat wajib yang pernah ditinggalkan, maka di bulan puasa, satu shalat sunnah bernilai satu shalat wajib. Ini kesempatan bagi kalian yang sering bolong-bolong shalat wajibnya (setelah ini jangan bolong-bolong lagi ya).

Khusus shalat tarawih, ada salah satu hadist yang mengatakan bahwa orang yang ikut shalat tarawih berjamaah sampai imam selesai, maka pahalanya seperti mengerjakan shalat semalam suntuk. Gile banget tuh.

4. Pahala Bersedekah di Bulan Ramadhan






Di hari biasa, sedekah yang kita berikan akan dilipat gandakan sebanyak 70 kali. Bayangin aja sendiri kalau bulan Ramadhan.




Wah, banyak banget ya pahala yang bisa didapat kalau kita beribadah dengan rajin di bulan puasa. Itu baru beberapa aja lho, ibadah kan banyak macamnya. Makanya, jangan tidur terus, sambil nunggu buka sebaiknya perbanyak ibadah. Mumpung pintu maaf dan pintu pahala lagi terbuka lebar.

0 komentar:

Posting Komentar